Psikolog Anak di Jogja Terdekat, Biaya Konsultasi Terjangkau

Konten [Buka]

Psikolog Anak di Jogja adalah konselor serta psikolog terdekat yang hadir melalui Biro Psikologi Laksita Educare Yogyakarta guna menjawab kebutuhan layanan psikologi dan pendampingan masa tumbuh kembang anak. Masa anak usia dini merupakan tahapan emas dimana pertumbuhan serta perkembangan seorang manusia berlangsung cukup cepat. 

Untuk memperoleh hasil optimal dari pertumbuhan dan perkembangan tersebut, para orang tua diharapkan mampu memahami kondisi psikologi anak sebaik-baiknya. Bahkan diharapkan para orang tua sedikit banyak memiliki pengetahuan dalam bidang psikologi anak yang merupakan pengetahuan yang mempelajari proses berpikir seorang anak dan bagaimana kepribadian anak dapat terpengaruh. Dengan memiliki pemahaman tentang kondisi psikologi anak, diharapkan orang tua dapat memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak mereka.

Psikolog Anak Jogja

Perkembangan dan Kondisi Psikologi Anak

Seperti tertuang pada paragraf di atas bahwa untuk memberikan pendidikan yang terbaik pada anak, maka para orang tua diharapkan mampu memahami perkembangan psikologi anak. Hal tersebut perlu dilakukan agar orang tua bisa melakukan langkah tepat untuk pendidikan anak mereka. Sesungguhnya tahapan perkembangan anak sudah diawali bahkan semenjak dia terlahir. Pada saat anak memasuki umur 3 sampai 6 tahun, dia memasuki periode sensitive  atau  masa peka. Pada masa ini fungsi tertentu yang dimiliki anak butuh diberikan rangsangan, sehingga pertumbuhannya tidak terhambat. Masa peka ini meliputi sensitivitas kepada keteraturan lingkungan, sensitivitas untuk berpetualang di lingkungan dengan lidah dan tangan, sensitivitas untuk berjalan, sensitivitas terhadap objek-objek kecil dan detail, serta sensitivitas terhadap aspek-aspek sosial kehidupan. 

Ketika umur 3 hingga 6 tahun masa ini juga disebut tengah memasuki fase sense of initiative. Dalam rentang usia ini anak perlu didorong supaya mampu mengembangkan inisiatifnya seperti mengajukan pertanyaan mengenai apa yang dilihat, didengar dan dirasakan. Anak yang berada dalam usia ini pada umumnya mempunyai rasa ingin tahu serta rasa antusias yang cuup besar pada sesuatu, karenanya anak akan sering memperhatikan juga membicarakan segala sesuatu yang sedang atau telah dilihat maupun didengarnya.

Salah satu hal penting yang butuh untuk diperhatikan orang tua terkait karakteristik anak, terlebih anak usia dini yaitu sifat khas yang dimiliki mereka. Pada umumnya anak mempunyai sifat egoisentris naif yakni memandang dunia luar dari pandangan sendiri yang sesuai pemahaman serta pengetahuan mereka. Juga memiliki relasi sosial dengan benda dan manusia yang bersifat sederhana dan primitif yang diwujudkan melalui dunia dalam khayalannya. 

Dengan mengetahui juga memahami tentang kondisi psikologi anak serta perkembangannya, maka orang tua akan bisa menyusun metode pendidikan untuk anak, dengan begitu maka anak akan dapat tumbuh dan berkembang secara maksimal. Orang tua dapat berkonsultasi dengan konselor ataupun psikolog anak Jogja untuk mengetahui potensi dasar yang dimiliki anak. Dengan begitu maka anak akan memperoleh metode dan fasilitas pendidikan yang sesuai dengan kemampuan serta tingkat kecerdasan mereka.

Adakah Psikolog Anak Online?

Psikolog Anak Online adalah layanan konseling psikologi anak dan remaja yang dilakukan dari jarak jauh secara daring memanfaatkan media komunikasi antara lain chatting, voice call atau video call dengan para konselor dan psikolog anak Jogja. Konsultasi psikologi anak dan remaja secara online menjadikan konseling dapat dilakukan kapan saja serta dimanapun tempatnya.

Apa Saja Manfaat Layanan Psikolog Anak Jogja?

Dalam kondisi tertentu terkadang memang orang tua perlu membawa anak ke konselor atau psikolog supaya orang tua dapat mendapatkan arahan cara penanganan yang tepat untuk psikologi anak-anak mereka. 

Tidak perlu ragu karena mengunjungi psikolog bukan berarti anak kita memiliki masalah kejiwaan. Justru dengan mendatangi psikolog, maka orang tua akan menemukan solusi tepat untuk menangani dan mengarahkan anak secara baik dan tepat. Supaya penanganannya tidak sulit, sebaiknya kita membawa anak jangan menunggu ada masalah yang dialami anak atau menunggu hingga kondisi psikis anak semakin berlarut. 

Selain itu bukan hanya karena masalah maka seseorang berkunjung ke psikolog Anak. Seperti halnya layanan psikolog anak Jogja selain melayani konsultasi juga tersedia layanan psikotes atau tes psikologi seperti Tes IQ, Tes Minat Bakat, Tes Kesiapan Sekolah dan lain sebagainya. Dengan melakukan psikotes maka orang tua dapat mengetahui potensi serta minat bakat yang dimiliki oleh anak. Dengan begitu para orang tua dapat memberikan pendidikan dan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan serta minat dan bakat mereka sedini mungkin.


Berapa Biaya Psikolog Anak di Jogja?

Biaya untuk melakukan konsultasi dengan konselor / psikolog anak di Jogja mulai Rp 150.000 dan berikutnya tarif dihitung pro rata untuk pembulatan menit selanjutnya. Tersedia pula layanan tes psikologi seperti Tes IQ dan Tes Minat Bakat di Jogja serta beragam psikotes lain.

Dimana Rekomendasi Psikolog Anak Jogja Terlengkap?

Dalam layanan psikologi anak, para orang tua bisa mempercayakan dengan melakukan konsultasi atau tes psikologi anak dengan nyaman di psikolog anak jogja Laksita Educare di Yogyakarta. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai layanan, jadwal dan biaya silahkan menghubungi customer service Biro Psikologi Jogja Laksita Educare melalui WhatsApp di nomor 08170434500 atau klik https://go.lei.my.id/wa.


biro psikologi jogja