Perlu Surat Rekomendasi Psikolog Untuk Masuk SD? Ikuti Tes Kesiapan Sekolah Anak Disini!

Konten [Buka]

Surat Rekomendasi Psikolog Untuk Masuk SD adalah surat keterangan menggunakan yang berisi hasil Tes Kesiapan Sekolah yang dibutuhkan oleh calon siswa Sekolah Dasar yang usianya masih dibawah ketentuan. Memasuki Sekolah Dasar menjadi sebuah pengalaman baru dan berkesan bagi sebagian besar anak-anak. Walaupun sebenarnya sebagian dari mereka mungkin telah pernah menjalani masa pra sekolah di PAUD, Play Group, Day Care dan TK. 

Apa Manfaat Surat Rekomendasi Psikolog Untuk Masuk SD?

Tidak jarang hari pertama sekolah seringkali sebagian anak mengalami kendala pada hari-hari pertama mereka di lingkungan Sekolah Dasar. Inilah perlunya untuk para orang tua memahami apakah putra-putri mereka sudah mempunyai kesiapan untuk masuk ke Sekolah Dasar. Hal ini juga yang kemudian beberapa sekolah meminta orang tua untuk membawa surat rekomendasi psikolog untuk masuk SD ketika mendaftarkan anak-anak mereka. Karena salah satu cara untuk mengetahui kesiapan anak adalah dengan melakukan tes kesiapan masuk SD pada anak sebelum masuk Sekolah Dasar. Pelaksanaan tes ini juga sebaiknya jangan terlalu berdekatan dengan jadwal pendaftaran sekolah ketika menjelang tahun ajaran baru. Hal tersebut memiliki tujuan agar para orang tua masih memiliki waktu yang cukup untuk melakukan persiapan kepada anak-anak mereka.

Sebelum pelaksanaan tes kesiapan sekolah sebaiknya anak juga diberikan edukasi oleh orang tua supaya bisa mempersiapkan dirinya agar dapat tenang serta berkonsentrasi pada saat tes dilakukan. 

surat rekomendasi psikolog untuk masuk sd

Apa Itu Tes Kesiapan Masuk Sekolah Dasar Pada Anak?

Tes kesiapan masuk Sekolah Dasar merupakan salah satu jenis tes psikologi yang terdapat dalam psikologi perkembangan dan pendidikan. Tes ini mempunyai tujuan dalam mengetahui tingkat kematangan serta potensi dari seorang anak. Sesudah mengetahui tingkat kematangan dari anak maka diharapkan akan bisa membantu dalam mempersiapkan mental untuk mengikuti proses kegiatan belajar di sekolah. Dengan hasil tes kesiapan masuk sekolah itu juga maka kelebihan serta kekurangan yang dimiliki anak dapat diketahui. Hal tersebut penting supaya diketahui pihak sekolah untuk membantu dalam mengembangkan kemampuan anak.

Seperti sudah diketahui bahwa usia minimum untuk masuk ke sekolah dasar yaitu berumur 7 tahun, serta belum terlalu dituntut kemampuan membaca serta menulisnya. Namun begitu ada sebagian sekolah dasar yang mengharapakan anak masuk sekolah dasar sudah memiliki kemampuan mengenal huruf. Memang pada usia tersebut sesungguhnya anak sudah mampu mengembangkan motorik halusnya sebagai pendukung dalam kemampuan menulis mereka. Selain itu kemampuan kognitif anak pada umur tersebut sudah siap dalam menerima materi berupa pengenalan rangkaian huruf. Inilah yang umumnya menjadikan rata-rata anak pada usia tersebut umumnya sudah bisa memahami ketika diajarkan mengenai huruf dan angka. Dengan begitu pada tahap berikutnya akan mampu belajar membaca huruf serta rangkaian kata sekalipun sederhana. 

Kemampuan psikologis yang dibutuhan oleh anak dalam mengikuti pelajaran SD sebenarnya tidak terlalu rumit. Secara umum ketika anak sudah berada pada umur yang cukup maka secara psikologis mereka sudah memiliki kemampuan serta keinginan untuk menjelajahi lingkungan yang lebih luas juga kesadaran dalam mematuhi peraturan. 

Pada anak yang belum memenuhi usia masuk SD, melakukan tes kesiapan masuk sekolah tidak hanya sekedar untuk memperoleh surat rekomendasi psikolog untuk masuk SD saja, namun perlu dilakukan dengan harapan supaya anak tidak mengalami hambatan atau kesukaran dalam proses belajar di Sekolah Dasar. Tidak jarang, bahkan banyak anak yang sudah siap secara kecerdasan dan kematangannya untuk masuk Sekolah Dasar walau dengan usia di bawah 7 tahun. 

Tes Kesiapan Sekolah diberikan meliputi :

  • Tes Kematangan Masuk Sekolah
  • Tes Kecerdasan Anak
  • Konsultasi dengan orangtua

Bagaimana Kematangan Anak Berusia Di Bawah 7 Tahun?

Ada cukup banyak memang orang tua yang ingin menyekolahkan anak-anak mereka ke Sekolah Dasar sekalipun belum memiliki usia yang ditentukan. Hal ini bisa saja dilakukan jika pendidik atau guru menilai anak tersebut memang sudah mampu atau bisa juga dengan mensyaratkan orang tua untuk membawa surat keterangan rekomendasi psikolog untuk masuk SD. Kemampuan anak dalam mengikuti kegiatan belajar di Sekolah Dasar bisa dilihat dari berbagai hal. Selain usia dan tingkat kematangan mental, kemampuan intelektual juga mempengaruhi apakah anak tersebut siap untuk sekolah di tingkat SD atau belum. Jika anak sudah memiliki tingkat kecerdasan yang sangat baik, maka secara intelegensi anak tersebut bisa disebut sudah siap mengikuti kegiatan belajar Sekolah Dasar.

Namun ada hal yang perlu diperhatikan, yaitu sekalipun anak memiliki tingkat intelektual yang sangat baik namun ada beberapa hal lain yang perlu untuk diperhatikan apabla usia mereka masih di bawah usia yang secara mental umumnya telah matang dalam mengikuti pelajaran di Sekolah Dasar.

  1. Anak dengan umur di bawah 6 tahun biasanya belum siap mengikuti kegiatan yang terstruktur dengan aturan yang cukup tegas. Bila anak belum siap dengan hal ini maka dapat berpengaruh pada mood dan semangat mereka ketika mengikuti pelajaran.
  2. Pada usia 6 tahun, kegiatan bermain masih cukup mendominasi terhadap keseharian anak. Dengan begitu jika anak berada dalam kegiatan yang terstruktur serta aktifitas bermain yang berkurang maka berpotensi mempengaruhi minat belajarnya.
  3. Anak berusia di bawah 6 tahun umumnya masih bisa untuk mampu fokus terhadap satu aktifitas dengan rentang waktu yang panjang. Hal ini yang akan berpotensi memicu anak menjadi cepat merasakan bosan.

Kategori Surat Rekomendasi Psikolog Untuk Masuk SD

Dengan memperhatikan beberapa faktor di atas maka tes kesiapan masuk sekolah diberikan terdiri dari 2 tes yaitu tes kecerdasan dan tes kematangan yang terdapat 10 aspek yang di ukur. Jika dari pengukuran 10 aspek tersebut memperlihatkan hasil yang baik maka anak dianggap telah siap untuk masuk ke Sekolah Dasar sekalipun masih di bawah usia yang ditentukan. Hasil tersebut akan tertuang dalam laporan hasil tes kesiapan sekolah yang berupa keterangan surat rekomendasi psikolog profesional jika anak masuk SD dengan usia di bawah ketentuan.

Berapa Biaya Surat Rekomendasi Psikolog Untuk Masuk SD?

Surat rekomendasi psikolog untuk masuk Sekolah Dasar bisa diperoleh setelah mengikuti Tes Kesiapan Sekolah dengan biaya Rp 350.000 saja. Durasi pelaksanaan tes kesiapan masuk sekolah lebih kurang memerlukan waktu berkisar 60 menit.

Biaya tes kesiapan masuk sekolah sangat terjangkau bagi semua kalangan. Biro Psikologi Jogja LAKSITA EDUCARE tidak hanya melayani tes kesiapan sekolah saja, namun juga akan menyediakan konseling dengan orang tua anak tersebut.

Dimana Rekomendasi Tempat Tes Kesiapan Masuk Sekolah?

Jika anda berada di wilayah DI Yogyakarta maka anda dapat menghubungi tepat layanan konsultasi psikologi dan psikotes terdekat yaitu :

Biro Psikologi Laksita Educare Insight
Whatsapp : 08170434500 atau klik https://go.lei.my.id/wa
Instagram : epsikologi
Facebook : fb.com/LaksitaEducare
Alamat : Jl. Wates Km.12 Argosari Sedayu Bantul Yogyakarta 55753

biro psikologi jogja